RANTAI CAM SEPEDA MOTOR DAN PEREGANGANNYA
RANTAI CAM SEPEDA MOTOR DAN PEREGANGANNYA
RANTAI CAM SEPEDA MOTOR DAN PEREGANGANNYA
Katup masuk dan katup buang
pada sepeda motor membuka dan menutup sesuai dengan proses yang terjadi pada
ruang bakar. Proses yang terjadi pada ruang bakar motor ditentukan oleh langkah
piston di mana langkah piston tersebut ditentukan oleh putaran poros engkol.
Sebaliknya putaran poros
engkol dipengaruhi pula oleh proses yang terjadi dalam ruang bakar. Dengan
demikian ada hubungan timbal-balik antara putaran poros engkol dan proses yang
terjadi dalam ruang bakar Agar pembukaan katup-katup sesuai dengan proses yang
terjadi dalam ruang bakar maka mekanisme pembukaan dan penutupan katup– katup
tersebut digerakkan oleh putaran poros engkol. Ada tiga macam mekanisme
penggerak katup, yaitu dengan batang pendorong, roda gigi, dan rantai (rantai
camshaft).
Rantai camshaft sepeda
motor harus dipasang dengan tegangan yang cukup. Rantai camshaft yang terlalu
tegang akan menimbulkan bunyi mendesing terutama pada putaran tinggi sedangkan
rantai camshaft yang terlalu kendor akan menimbulkan suara berisik. Untuk
menyetelnya harus diperhatikan terlebih dahulu mekanisme penyetelannya. Cara
penyetelan rantai camshaft untuk setiap sepeda motor tidak sama.
Jika kekencangan rantai
berubah-ubah, akan berpengaruh pada putaran mesin, valve timing atau saat
pengapian akan berubah-ubah pula. Untuk menghasilkan setelan rantai yang
standar, ada 3 tipe penyetelan rantai, nah untuk informasi lebih jelasnya silahkan Klik Disini
No comments:
Post a Comment