POROS ENGKOL SEPEDA MOTOR
POROS ENGKOL SEPEDA MOTOR
POROS ENGKOL- crankshaft
Fungsi poros engkol adalah
mengubah gerakan piston menjadi gerakan putar (mesin) dan meneruskan gaya kopel
(momen gaya) yang dihasilkan motor ke alat pemindah tenaga sampai ke roda.
Poros engkol umumnya
ditahan dengan bantalan luncur yang ditetapkan pada ruang engkol. Bantalan
poros engkol biasa disebut bantalan utama.
Bebera[a jenis poros engkol yang banyak dipergunakan pada mesin sepeda motor adalah jenis :
1. Jenis built up digunakan pada motor jenis kecil
yang mempunyai jumlah silinder satu atau dua
Beban yang bekerja pada
poros engkol adalah:
Ø Beban puntir (torsi)
Ø Beban lengkung (bengkok)
Ø Beban sentrifugal
Ø Batang penggerak
2. Jenis ”one piece”, digunakan pada motor jenis
besar yang mempunyai jumlah silinder banyak.
Untuk motor satu silinder
pada poros engkolnya (biasanya dihadapan pena engkol) ditempatkan bobot kontra
sebagai pengimbangan putaran engkol sewaktu piston mendapat tekanan kerja.
Tetapi motor yang bersilinder banyak, pena engkolnya dipasang saling mengimbangi.
Berat bobot kontra kira-kira sama dengan berat batang piston di tambah dengan
berat engkol seluruhnya.
Dengan demikian poros
engkol itu dapat diseimbangkan, sehingga dapat berputar lebih rata dan
getaran-getaran engkol menjadi hilang. Dengan adanya bobot kontra ini
menyebabkan tekanan pada bantalan menjadi berkurang dan merata.
Poros engkol dan batang penggerak adalah untuk
merobah gerak translasi piston menjadi gerak putar. Kedua bagian ini selalu
menderita tegangan dan regangan yang sangat besar. Karena itu harus dibuat dari
bahan yang khusus dan ukuran yang tepat. Dalam keadaan diam dan berputar poros
engkol selalu setimbang (balance).
Bagian permukaan bantalan
dikeraskan dan harus licin untuk mengurangi keausan. Poros engkol berputar
dengan didukung oleh beberapa buah bantalan utama. Banyaknya bantalan
tergantung dari jumlah silinder. Motor empat silinder mempunyai 3 bantalan dan
motor enam silinder mempunyai 4 bantalan utama. Bantalan ini dibuat dari baja
yang dicampur dengan babbit atau ada juga dengan aluminium. Batang penggerak
dan poros engkol dibuat dari besi tuang. Pemasangan batang penggerak pada poros
engkol dilapisi dengan memakai bantalan.
No comments:
Post a Comment