KATUP SEPEDA MOTOR
KATUP SEPEDA MOTOR
KATUP SEPEDA MOTOR- Valve
Katup
merupakan komponen yang paling penting untuk mengatur siklus kerjannya, katup
dapat bergerak karena adannya proses mekanisme katup itu sendiri yang didukung
oleh komponen penggerak katup seperti:
1. Poros cam
2. Batang penekan
3. Pegas penutup
4. Rol baut penyetel
Katup hanya terdapat pada
motor empat langkah, sedangkan motor dua langkah umumnya tidak memakai katup.
Katup pada motor empat langkah terpasang pada kepala silinder.
Sehingga silinder motor
empat langkah memerlukan dua cam, yaitu cam katup masuk dan cam katup buang.
Poros cam diputar oleh poros engkol melalui transmisi roda gigi atau rantai.
Poros cam berputar dengan kecepatan setengah putaran poros engkol. Jadi, diameter
roda gigi pada poros cam adalah dua kali diameter roda gigi pada poros engkol.
Sebab itu lintasan pena engkol setengah kali lintasan poros cam.
Katup dibuat dari bahan
yang keras dan mudah menghantarkan panas. Katup menerima panas dan tekanan yang
tinggi dan selalu bergerak naik dan turun, sehingga memerlukan kekuatan yang
tinggi. Selain itu hendaknya katup tahan terhadap panas dan gesekan. Fungsi
katup sebenarnya untuk memutuskan dan menghubungkan ruang silinder di atas
piston dengan udara luar pada saat yang dibutuhkan.
Karena proses pembakaran
gas dalam silinder mesin harus berlangsung dalam ruang bakar yang tertutup
rapat. Jika sampai terjadi kebocoran gas meski sedikit, maka proses pembakaran
akan terganggu. Oleh karenanya katup-katup harus tertutup rapat pada saat
pembakaran gas berlangsung.
Katup masuk dan katup buang
berbentuk cendawan (mushroom) dan di sebut “poppet valve”. Katup masuk menerima
panas pembakaran, dengan demikian katup mengalami pemuaian yang tidak merata
yang akan berakibat dapat mengurangi efektivitas kerapatan pada dudukan katup.
Untuk membedakan katup
masuk dengan katup buang dapat dilihat pada diameter keduanya, diameter katup
masuk umumnya lebih besar dari pada katup buang.
Sebagaimana terlihat pada
gambar bagian lain dari katup adalah kepala katup. Kepala katup mempunyai
peranan yang sangat penting, karena ia harus tetap bekerja baik, walaupun
temperaturnya berubahubah. Bidang atas kepala katup ini disebut tameng.
Bentuknya ada yang cekung
dan ada yang cembung. Tameng cekung disebut tameng terompet dan biasanya
dipakai sebagai katup masuk. Sedangkan tameng cembung dipakai sebagai katup
buang karena kekuatannya yang lebih tinggi.
Kerenggangan Katup
Tekanan kompresi di dalam
ruang bakar sangat dipengaruhi oleh penyetelan celah katup. Jika celah katup
lebih kecil dari standar berarti katup cepat membuka dan lebih lama menutup,
pembukaan yang lebih lama membuat gas lebih banyak masuk.
Akibatnya bensin lebih
boros dan akibat dari keterlambatan katup menutup adalah tekanan kompresi menjadi
bocor karena pada saat terjadi langkah kompresi (saat piston bergerak dari
bawah keatas), katup belum menutup padahal seharusnya pada saat itu katup harus
menutup rapat hal ini mengakibatkan tenaga mesin berkurang.
Mesin tidak bisa stasioner,
dan sulit dihidupkan, selain itu akibat celah katup terlalu sempit dapat
terjadi ledakan pada karburator.
Apabila celah katup lebih
besar dari standar berarti katup terlambat membuka dan cepat menutup. Apabila
hal ini terjadi pada katup masuk maka pemasukan campuran bahan bakar udara
berlangsung cepat sehingga jumlah campuran yang masuk sedikit.
Tekanan kompresi menjadi
rendah karena jumlah campuran bensin dan udara yang dikompresikan sedikit. Jika
tekanan kompresi rendah maka akan berakibat tenaga motor menjadi berkurang.
Akibat selanjutnya adalah mesin sulit dihidupkan. Setelah hidup maka suara
mesinpun berisik sekali.
Karena pemasukan gasnya
kurang, mesin akan tersendatsendat pada putaran tinggi. Sementara itu mesin
tidak dapat berputar stasioner. Itulah sebabnya celah katup harus disetel
dengan tepat. Biasanya besar kerenggangan celah katup masuk dan katup buang
sekitar 0,04 – 0,07 mm.
Untuk menghasilkan tekanan
kompresi, stasioner dan suara tidak berisik saat terjadinnya pembakaran atau
proses kerja sepeda motor perluh dilakukan
penyetelan katup, untuk mendapatkan informasi secara lengkap mengenai
penyetelan katup silahkan Klik Disini
No comments:
Post a Comment